Apa Itu Bit & Byte? Berikut Ini Pengertian dan Perbedaan Mendetailnya

  • Whatsapp
bit dan byte
bit dan byte

Bit dan Byte merupakan sebutan yang tentu kerap Kamu temui di masa dunia digital ini. Bit bisa jadi Kamu jumpai terpaut kecepatan internet, serta byte Kamu temukan pada data kapasitas penyimpanan informasi. Benarkah begitu?

Kemudian, apa yang diartikan dengan byte? Serta, apa perbedaan antara Bit dan Byte?

Read More

Tenang. Di postingan ini, kami hendak membagikan uraian lengkap buat menanggapi kedua persoalan tersebut. Ayo, disimak lebih lanjut!

Apa Itu Bit?

Bit merupakan singkatan dari binary digit (bilangan biner). Sebutan ini dikemukakan awal kali oleh ilmuwan statistik bernama John W. Tukey di tahun 1947.

Bilangan biner dilambangkan dengan bilangan 1 serta 0 yang mewakili nilai logika. Angka 1 berarti“ TRUE”,“ ON”, ataupun“ YES”, sebaliknya angka 0 berarti“ FALSE”,“ YES”, ataupun“ Nomor”.

Baca Juga: Apa Itu Bahasa Pemrograman? Berikut Pengertian & Fungsi Dari Bahasa Pemrograman

Campuran bilangan biner ini setelah itu jadi bahasa buat komunikasi digital serta kesimpulannya membentuk bermacam informasi pada pc, berbentuk huruf, simbol, serta yang lain. Bit setelah itu diresmikan selaku unit terkecil dalam penyimpanan informasi serta komunikasi digital.

Nah, sehabis ketahui apa itu bit, ayo pelajari pula apa yang diartikan dengan byte.

Apa Itu Byte?

Byte merupakan gabungan dari sebagian bit. Persisnya, 1 byte terdiri atas 8 bit. Sebutan byte awal kali dikenalkan oleh ilmuwan pc Amerika bernama Werner Buchholz pada tahun 1956.

Pada pemakaian di pc, satu byte mewakili satu kepribadian bacaan dalam pc. Maksudnya, satu kepribadian terdiri dari 8 bilangan biner (bit). Contohnya, huruf“ A” ialah rangkaian bit 01000001.

Baca Juga: Apa Itu Pengertian Firebase? Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya, Keren…

Nah, sebab informasi pc terus menjadi tumbuh, pemakaian byte selaku dimensi satuan informasi dikira jauh lebih pas. Mengapa begitu? Kami hendak menjawabnya di bagian perbedaan.

Nah, saat ini Kamu telah ketahui apa itu Bit dan Byte. Jadi, ayo pelajari perbedaan dari Bit dan Byte.

4 Perbedaan Bit dan Byte

Jika Kamu bertanya apa perbedaan antara Bit dan Byte, inilah jawabannya:

  1. Simbol

perbedaan antara Bit dan Byte yang awal merupakan pada simbol yang digunakan.

Byte dituliskan dengan huruf“ B”, bit dituliskan dengan huruf“ b” cocok syarat Institute of Electrical and Electronic Engineers. Jadi, bila Kamu menciptakan tulisan 1 MB, maksudnya merupakan 1 megabyte, bukan 1 megabit.

  1. Nilai

Berapa nilai bit dalam satu byte? Telah terjawab di atas, 8 bit. Tetapi, pada prakteknya, dimensi besar byte lebih banyak ditemui dalam pemakaian:

  1. 1 kilobyte (KB)= 1, 024 byte (B)
  2. 1 megabyte (MB)= 1, 024 kilobyte (KB)
  3. 1 gigabyte (GB)= 1, 024 megabyte (MB)
  4. 1 terabyte (TB)= 1, 024 gigabyte (GB)

Tidak hanya itu, masih terdapat dimensi lebih besar mulai petabyte (PB), exabyte (EB), zettabyte (ZB), sampai yottabyte (YB).

Buat menghitung nilai bit dari satuan byte, Kamu lumayan mengkalikannya dengan 8. Misalnya, 1 MB= 1, 048, 756 Byte x 8= 8, 390, 048 bit.

  1. Penyimpanan Data

Bit dan Byte bersama menunjuk ke satuan informasi yang digunakan buat komunikasi digital. Tetapi, sebab pertumbuhan informasi telah terus menjadi pesat, pemakaian bit mulai ditinggalkan sebab dikira kurang efisien.

Byte selaku dimensi yang lebih besar-lah yang digunakan. Baik buat dimensi informasi suatu file ataupun dimensi kapasitas penyimpanan fitur semacam CD, flashdisk ataupun SSD.

Tidak cuma penyimpanan informasi berupa raga, cloud storage pula memakai satuan informasi byte. Ini pula kerap Kamu temui di bermacam penawaran layanan hosting, bukan?

  1. Kecepatan Internet serta Transfer Data

Sebab besaran informasi dihitung memakai byte, hingga transfer informasi dihitung dalam byte per detik. Contohnya, 1 MB/s ataupun 1 megabyte per second.

Jika dikala ini Kamu lagi tersambung ke internet memakai sistem pembedahan Windows, coba buka aplikasi Task Manager.

Setelah itu, simaklah pada tab Processes, ada kolom Disk yang menampilkan proses transfer informasi tiap aplikasi dalam dimensi MB/s.

Sedangkan itu, kecepatan dari jaringan secara universal memakai satuan bit per detik. Contohnya, 1 Mbps. Kamu dapat mengeceknya di tab Network.

Satuan bit per detik pula yang digunakan oleh penyedia layanan internet Kamu buat menawarkan paket layanan.

Katakanlah jika paket internet Kamu 8 Mbps, hingga kecepatan transfer rate-nya terdapat di kisaran 1 MB/s. Jadi, buat mengunduh file sebesar 10 MB butuh waktu kurang lebih 10 detik.

Related posts