Apa Itu Bahasa Pemrograman? Berikut Pengertian & Fungsi Dari Bahasa Pemrograman

  • Whatsapp
Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman

Apa itu Bahasa pemrograman? Bahasa pemrograman merupakan senjata utama buat membangun bermacam tipe sistem yang terdapat di dunia ini. Misalnya web, aplikasi, sistem pembedahan, serta fitur teknologi yang lain.

Tetapi, banyaknya opsi bahasa pemrograman malah malah membuat bimbang mereka yang mau belajar. Hingga tidak heran, bila banyak yang mengurungkan niatnya belajar bahasa pemrograman.

Read More

Untungnya di postingan ini, Kamu hendak memahami apa itu bahasa pemrograman beserta dengan fungsinya. Kamu pula hendak memahami bermacam contoh bahasa pemrograman plus khasiatnya secara khusus.

Penasaran kan? Baca postingan ini sampai berakhir, ya!

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh programmer buat berbicara dengan pc. Bahasa pemrograman tersusun dari sebagian sintaks yang membentuk perintah tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Pengertian Firebase? Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya, Keren…

Nantinya, perintah tersebut hendak diterjemahkan jadi logika yang dipahami pc. Sehingga, pc bisa melakukan tugas-tugas cocok dengan instruksi yang diberikan oleh programmer tadi. Hingga dari itu, tidak heran jika bahasa pemrograman pula kerap diucap selaku bahasa pc.

Hasil akhir dari pemakaian bahasa pemrograman merupakan sistem pembedahan, aplikasi desktop, web, aplikasi mobile, apalagi bermacam fitur teknologi yang biasa Kamu operasikan tiap hari.

Apa Fungsi Bahasa Pemrograman?

Secara universal, terdapat 2 guna bahasa pemrograman yang harus Kamu tahu, antara lain:

1. Media Komunikasi antara Programmer serta Komputer

Guna awal bahasa pemrograman merupakan selaku jembatan komunikasi antara programmer serta pc. Ini cocok dengan guna bahasa itu sendiri, adalah perlengkapan komunikasi yang dimengerti oleh penuturnya.

Sayangnya, bahasa yang dimengerti pc berbeda dengan bahasa manusia. Hingga dari itu, perintah bahasa pemrograman yang ditulis programmer wajib diterjemahkan terlebih dahulu, supaya dapat dipahami pc.

Buat menerjemahkan bahasa pemrograman ke bahasa pc, terdapat 2 tata cara yang biasa digunakan, adalah:

Tata cara Compiler

Compiler merupakan tools buat memindai segala perintah bahasa pemrograman, kemudian mengubahnya jadi suatu paket file baru. Nah, paket file ini berisikan kode mesin yang bisa dibaca pc ataupun fitur lain.

Setelah itu, pc bisa mengeksekusi perintah bahasa pemrograman tiap kali pengguna melaksanakan paket file tersebut. Oh ya, ekstensi paket file ini dapat berbeda, cocok dengan fitur yang hendak melaksanakan program.

Baca Juga: Apa Itu Aktiva Lancar? Berikut Ini Pengertian, Karakteristik dan Jenis-Jenisnya

Misalnya,. EXE buat fitur berbasis Windows,. APK buat Android, ataupun. APP buat iOS. Sedangkan, bahasa pemrograman yang tercatat memakai Compiler antara lain C, C++, C#, Java, Kotlin, serta Swift.

Tata cara Interpreter

Interpreter merupakan tools buat mengganti perintah bahasa pemrograman jadi kode mesin, tanpa menciptakan paket file baru. Triknya dengan menerjemahkan perintah tersebut sebaris demi sebaris, dikala program dijalankan.

Contoh tools yang umum dipakai selaku Interpreter merupakan website browser. Oleh karena itu, Interpreter kerap digunakan oleh bahasa pemrograman spesialis web, semacam JavaScript, Ruby, serta PHP.

2. Tools buat Meningkatkan Sistem serta Program

Guna kedua bahasa pemrograman merupakan selaku tools buat meningkatkan sistem serta program. Metode kerjanya, programmer hendak menulis kode program (coding) yang setelah itu diganti jadi kode mesin.

Hasil akhir dari kode mesin tersebut merupakan jutaan sistem pembedahan, web, permainan, serta aplikasi yang terdapat dikala ini. Apalagi, fitur berlabel‘ smart’ kepunyaan Kamu pula bisa berperan sebab terdapatnya kode program di dalamnya.

Related posts